Sumber: Dokumentasi pribadi

Surakarta – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi https://fkip.uns.ac.id/ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) https://uns.ac.id/id/ Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang terdiri dari Ayu Pramudita, Muhammad Danur Ghiffarri, dan Nanda Putri Andrian berkolaborasi dengan SMA Batik 2 Surakarta yang berlokasi di Jl. Samratulangi No.86, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146 dalam kegiatan asistensi mengajar melalui praktikum golongan darah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin s.d. Rabu, 21-23 Oktober 2024 di Kelas XI 4-7 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas yang berpartisipasi. Kegiatan praktikum dilaksanakan  untuk memperdalam pemahaman siswa pada materi sistem peredaran darah manusia dan sebagai bagian dari implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada poin ke-4 yaitu “Pendidikan Berkualitas”.

Praktikum ini merupakan inisiatif dari tim mahasiswa Pendidikan Biologi yang sedang menjalani program asistensi mengajar di SMA Batik 2 Surakarta. Salah satu mahasiswa, Ayu Pramudita, mengatakan bahwa kegiatan praktikum golongan darah ini dilaksanakan untuk memfasilitasi siswa dalam memahami sistem peredaran darah secara lebih mendalam dan aplikatif. “Praktikum ini bertujuan untuk mengajak siswa mempelajari lebih dalam tentang golongan darah dan bagaimana sistem peredaran darah berfungsi dalam tubuh manusia. Kami ingin siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga mengenali relevansinya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ayu.

Dalam pelaksanaan praktikum, siswa dibimbing untuk mengidentifikasi golongan darah mereka masing-masing melalui metode yang aman dan telah disetujui pihak sekolah serta dengan dipandu oleh guru pembimbing. Mahasiswa Pendidikan Biologi memberikan penjelasan tentang fungsi setiap jenis golongan darah, peran darah dalam transportasi oksigen dan nutrisi, serta pentingnya golongan darah dalam medis, khususnya dalam transfusi darah.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pembelajaran yang interaktif dan membangun ketertarikan siswa terhadap ilmu biologi, khususnya dalam memahami bagaimana organ tubuh bekerja. “Melalui praktikum ini, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik dan langsung terlibat dalam proses ilmiah. Praktikum ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan analisis dan kemampuan siswa dalam menghubungkan teori yang dipelajari dengan fenomena nyata,” ungkap Danur, salah satu mahasiswa pendamping.

Kegiatan ini juga mendukung program SDGs poin ke-4, “Pendidikan Berkualitas,” yang menekankan pentingnya menyediakan pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatkan kesempatan belajar yang relevan dan efektif. Dengan memperkenalkan praktikum yang relevan, mahasiswa UNS berharap siswa dapat merasakan langsung manfaat dari pembelajaran berbasis laboratorium, yang akan memotivasi mereka untuk terlibat lebih jauh dalam sains.

“Kami harap kegiatan praktikum seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta membentuk siswa yang kritis dan memiliki keterampilan ilmiah,” ungkap Nanda, salah satu mahasiswa pendamping.

Kolaborasi ini mendapat apresiasi dari pihak SMA Batik 2 Surakarta yang melihat kegiatan ini sebagai cara yang efektif untuk mendorong pemahaman siswa pada sistem peredaran darah, serta meningkatkan kompetensi akademik dan laboratorium siswa. “Kami sangat mendukung kegiatan mahasiswa UNS yang menginspirasi siswa dengan pengalaman langsung melalui praktikum. Hal ini selaras dengan visi kami untuk memberikan pendidikan yang menyeluruh dan bermanfaat,” ungkap Guru Pembimbing Biologi SMA Batik 2 Surakarta.

Kegiatan asistensi mengajar ini diharapkan dapat terus berlanjut dengan berbagai topik praktikum lainnya, agar siswa semakin tertarik pada sains dan dapat melihat bagaimana pelajaran di kelas memiliki hubungan dengan dunia nyata. Mahasiswa UNS juga mengajak para siswa untuk berani mengeksplorasi ilmu pengetahuan melalui praktik langsung di laboratorium, sehingga tercipta generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan bekal ilmu yang kuat dan berkualitas.

Leave a Comment